Dunia cryptocurrency selalu berkembang, dengan inovasi yang lebih baik yang datang ke dalam ekosistem. Mekanisme konsensus tidaklah tertinggal dalam hal perkembangan. Ketika Prof of Stake diperkenalkan sebagai alternatif dari Proof of Work, ia sudah memiliki beberapa peningkatan dibandingkan pendahulunya. Kelebihan dari mekanisme konsensus meliputi:

  • Desentralisasi,
  • Membutuhkan daya komputasi yang lebih sedikit,
  • Efisiensi, dan
  • Pemegang token mendapatkan passive income.

Namun, meskipun demikan selalu ada ruang untuk perbaikan dalam industri ini. Itulah mengapa ada beberapa varian yang dihasilkan dari peningkatkan algoritma PoS yang muncul. Artikel ini akan memberikan beberapa versi PoS yang berbeda yang ada di pasar dan seperti apa peningkatannya dibandingkan dengan algoritma originalnya.

Bentuk dasar Proof of Stake

Kami tidak dapat berbicara tentang variasi PoS tanpa menyentuh basis dengan bentuk original dari algoritma PoS.

Pengguna dalam PoS standar memegang sejumlah koin tertentu pada jaringan untuk kesempatan agar terpilih sebagai validator. Semakin banyak koin yang distaking seseorang, semakin tinggi peluang mereka untuk menjadi pembuat blok berikutnya di dalam jaringan. Sebagian besar sistem juga memasukkan pemilihan pengguna acak dalam jaringan mereka untuk menghindari monopoli oleh orang kaya.

PoS standar/original bekerja dengan asumsi bahwa validator dengan saham finansial tinggi dalam jaringan akan dianggap sebagai yang otentik ketika memverifikasi transaksi. Mekanisme penalti biasanya dilakukan untuk menyita hasil staking para validator yang mencoba memanipulasi sistem atau memverifikasi transaksi yang tidak valid. Setelah blok yang diajukan diverifikasi sebagai valid oleh mayoritas, validator akan mendapat insentif berupa imbalan/pendapatan.

โ€œIde utama dari staking tetap sama di semua versi PoS.โ€

Berbagai Variasi Proof of Stake

Delegated Proof of Stake (DPoS)

Delegated Proof of Stake dianggap lebih demokratis daripada pendahulunya. Dalam sistem DPoS, pengguna dapat memilih siapa yang mereka percayai untuk memvalidasi transaksi. Setelah pengguna melakukan staking koin mereka dalam sistem, mereka berhak untuk memilih siapa yang menghasilkan blok berikutnya. Penghasil blok yang dipilih biasanya disebut sebagai delegasi.

DPoS berjalan pada metode demokrasi digital, kekuatan voting dari setiap pengguna mendapat bobot sesuai dengan ukuran stakingnya. Voting adalah proses berkelanjutan yang memungkinkan pemilih untuk mengganti delegasi jika mereka tidak bekerja dengan baik. Pengguna dengan suara tertinggi akan terpilih menjadi delegasi. Mekanisme DPoS dirancang untuk mengandalkan jumlah delegasi yang tetap untuk memajukan jaringan.

Seorang delegasi bertanggung jawab untuk memvalidasi transaksi, mengelompokkannya ke dalam blok, dan membroadcast ke dalam jaringan. Pada gilirannya, mereka mendapat imbalan atas partisipasi mereka. Jika delegasi kehilangan kepercayaan dari pemangku kepentingan lain, mereka akan berisiko digantikan oleh seseorang yang dapat dipercaya lainnya.

Leased Proof of Stake

Dalam PoS ini, pengguna dapat mendukung node penuh yang ingin mengamankan jaringan melalui penyewaan koin mereka. Leased PoS mengikuti aturan yang sama dengan PoS. Namun, pengguna dapat menyewakan koin mereka ke pemangku kepentingan lain di jaringan. Semakin banyak koin di bawah node tertentu, semakin tinggi peluang mereka dipilih untuk memvalidasi transaksi. Oleh karena itu, sebuah node dengan node yang lebih tinggi dibandingkan yang disewakan di bawahnya memiliki peluang terseleksi yang lebih tinggi.

Sistem ini menguntungkan pemegang koin kecil dan mereka yang tidak tertarik untuk memvalidasi transaksi. Ini juga mendorong lebih banyak staking ke dalam sistem, sehingga mengamankan jaringan lebih baik. Leaser (pemberi sewa) mempertahankan kontrol penuh atas aset mereka karena koin tidak mengubah kepemilikan dan bebas untuk memutuskan kontrak kapan pun. Setelah node dipilih sebagai validator dan mendapat reward, mereka berbagi reward dengan leaser sesuai dengan persentase yang disewa.

Hybrid Proof of Stake (HPoS)

Hybrid PoS adalah campuran antara mekanisme Proof of Work dan Proof of Stake. Variasi ini bertujuan untuk menangkap bagian terbaik dari setiap pendekatan dan menggunakannya untuk menyeimbangkan kelemahan mereka. HPoS mengamankan jaringan menggunakan PoW untuk menghasilkan blok baru dan PoS untuk memvalidasi transaksi. Banyak cryptocurrency menggunakan mekanisme ini dimulai dengan sistem PoW kemudian mengintegrasikan PoS untuk membantu memvalidasi.

Hybrid PoS ini muncul sebagai solusi untuk konsumsi daya PoW yang tinggi selama validasi, menggantikannya dengan efisiensi PoS. Selain itu, ia memiliki metode pencegahan manipulasi sistem dengan membuat minimum staking untuk serangan sebesar 51% menjadi sangat mahal.

Trustless Proof of Stake (TPoS)

TPoS adalah jaringan yang ditawarkan oleh Stakenet yang menggabungkan PoS dan keamanan cold storage. Ini memecahkan masalah sistem PoS yang mengharuskan staker (orang yang melakukan stake coin/token) untuk menyimpan koin mereka secara online, yang merupakan sangat memiliki risiko keamanan. Dalam variasi ini, pengguna dapat memvalidasi transaksi dan mengamankan jaringan sambil menyimpan koin simpanan mereka pada cold wallet (offline).

Tidak seperti DPoS, tidak ada batasan dalam jumlah validator dalam jaringan. Model PoS ini sangat unik di mana staker dapat menyewa node lain untuk melakukan staking untuk mereka ketika me-maintain penuh aset mereka. Node (merchant node) kemudian menangani aspek teknis staking bagi pengguna tetapi tidak dapat mengakses dana mereka.

Catatan akhir

Semua variasi Proof of Stake berupaya untuk meningkatkan PoS original adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Semua mekanisme ini bereksperimen dengan berbagai cara untuk memaksimalkan efisiensi dan meningkatkan desentralisasi. Penemuan mekanisme konsensus yang lebih baik pada akhirnya akan menyeimbangkan pendapatan dan kerugian dari yang ada saat ini. Dasar dari semua mekanisme PoS tersebut akan selalu tetap berada pada jalur staking. Sebagai konsep yang cukup sederhana, Anda dapat memulai perjalanan staking mulai darihari ini dengan MyCointainer. Platform ini mudah digunakan dan tidak memerlukan pengetahuan teknis. Artinya, platform yang akan melakukan semua pekerjaan untuk Anda. Jadi mengapa Anda tidak mulai mendapatkan pendapatan tambahan mulai hari ini?